ADD THE SLIDER CODE HERE

Senin, 02 Mei 2022

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN 2022

 


Salah satu kegiatan yang harus dijalani oleh kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo adalah Uji Kompetensi Keahlian atau sering disingkat dengan UKK. UKK penting untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik dan mampu memberikan peluang besar bagi mereka ke dunia kerja setelah lulus sekolah.

Walaupun masih dalam situasi pandemi, UKK kali ini bisa dilakukan secara offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan sistem sesi. Adapun yang diujikan pada kompetensi keahlian multimedia yakni pembuatan desain label kemasan. Sedangkan pada kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), kemampuan yang diujikan adalah servis sepeda motor.

Jadwal pelaksanaan UKK pada kompetensi keahlian TBSM berlangsung selama tiga hari mulai dari Jumat sampai Minggu tanggal 22 - 24 April 2022 dan diuji oleh  Bapak Dwi Krisna Dari Ahass Indotama Cengkalsewu. Sementara UKK kompetensi keahlian multimedia hanya berlangsung satu hari yakni hari Sabtu tanggal 23 April 2022 dengan penguji Bapak  Toni Wijanarko dan Tunggul dari  APTII Semarang.

Sebelum proses uji kompetensi, dilakukan verifikasi oleh pengawas pembina sekolah untuk memastikan kelayakan sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam UKK. Peserta didik akan diuji keterampilan dengan melakukan praktik sesuai kejuruan yang mereka ambil. Penguji ini berasal dari DU/DI dan telah berkompeten.

Selain hasil dari praktik ketrampilan, penilaian juga berasal dari sikap dan etika peserta didik saat melakukan komunikasi secara verbal. Penilaian ini biasanya diambil pada waktu tanya jawab antara penguji dengan peserta didik. Hasil UKK akan menjadi indikator pencapaian standar kompetensi keahlian kelulusan karena nantinya sertifikat yang didapatkan menjadi sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.


DOKUMENTASI KEGIATAN










0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More