ADD THE SLIDER CODE HERE

Senin, 28 November 2011

Asyiknya Mengikuti Estafet Tunas Kelapa (ETK)

Dalam rangka HUT Pramuka ke-50, Kwaran Sukolilo menyelanggarakan Estafet Tunas Kelapa (ETK) pada tanggal 2-4 Oktober 2011 kemarin. Kegiatan ini diikuti oleh sekolah- sekolah di kecamatan Sukolilo baik di tingkatan SD, SMP, maupun SMA/SMK. Semua sekolah ingin menampilkan yang terbaik, termasuk SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo. Setelah mendapat surat pemberitahuan adanya kegiatan ini, pihak sekolah langsung menambah intensitas latihan. Latihan HW (Hizbul Wathan) yang biasanya diadakan setiap satu minggu sekali menjadi setiap hari. Latihan juga difokuskan pada perlombaan saat ETK nanti yaitu variasi PBB atau baris-berbaris, pentas seni dan lomba membuat nasi goreng. Selain persiapan untuk lomba, para siswa juga sibuk membuat gapura tenda dari bambu.

Saat pelaksanaan ETK tiba, Siswa-siswi dari berbagai sekolah di kecamatan Sukolilo ini langsung bergotong-royong mendirikan tenda dan menata barang bawaan mereka. Kemah ditempatkan di bumi perkemahan Gadudero Sukolilo. Mengenai konsumsi/makan, siswa-siswi SMA dan SMK Muhamadiyah 3 Sukolilo tidak mengandalkan jasa catering. Mereka memasak sendiri dengan memanfaatkan kayu bakar yang ada di sekitar tenda. Dalam kemah ETK kali ini, SMA dan SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo berbeda dengan sekolah yang lain karena membawa LCD dan menyewa sound yang digunakan untuk memutar film. Sekitar tenda menjadi ramai oleh warga yang ikut menonton.

Seluruh perlombaan untuk tingkat SMA/K hanya difokuskan pada hari pertama sehingga pada hari kedua dan ketiga mereka bisa bersantai. Lomba variasi PBB diadakan pada pukul 10.00 hari pertama. Meskipun ada sedikit masalah yaitu pihak sekolah tidak mengetahui kalau lomba PBB tidak menggunakan aba-aba tetapi harus dengan isyarat, namun semuanya tetap berjalan dengan lancar. Setelah melaksanakan shalat Isya’ berjamaah, lomba pentas seni dimulai. SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo menampilkan sebuah pementasan drama. Lomba terakhir yakni lomba membuat nasi goreng. Lomba yang satu ini agak unik karena jarang ada lomba membuat nasi goreng yang pelaksaanaannya saat tengah malam.

Di hari yang kedua Estafet Tunas Kelapa dimulai. SMA dan SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo sendiri menerima tunas kelapa dari MA Sultan Agung Sukolilo di depan Bank BRI Sukolilo dan meneruskannya sampai ke Balai Desa Kedung Winong. Di sana siswa-siswi SMP N 1 Sukolilo sudah menanti untuk selanjutnya diteruskan hingga ke finish yaitu di sekolah MA Prawoto.

Hari terakhir menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu karena pemenang perlombaan akan diumumkan. Rasa tegang menghinggapi hati para siswa. Dan Hasilnya…… Alhamdulilahirobbil alamin, SMA dan SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo menyabet 5 piala yang akan menghiasi kantor sekolah. Para siswa sangat senang meskipun wajah lelah tidak bisa disembunyikan. Kerja keras latihan selama ini terbayarkan. Paling penting diantara itu semua adalah para siswa pulang dengan membawa sejuta pengalaman dan kenangan tak terlupakan. Sampai jumpa di ETK tahun depan …

Galeri Foto:


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More