ADD THE SLIDER CODE HERE

Sabtu, 15 Februari 2020

Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android di SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo

Guru sebagai fasilitator dan agen perubahan dunia pendidikan harus bisa menyesuaikan dengan tuntutan dan perkembangan zaman apalagi di era teknologi 4,0. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran teknologi dalam sendi kehidupan termasuk dunia pendidikan maka tenaga pendidik harus mampu beradaptasi dan merangkul teknologi yang semula dianggap berbahaya bagi siswa menjadi sesuatu yang berbalik yaitu membantu siswa dalam pembelajaran.

Melihat perkembangan tersebut, SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo sudah menerapkan pemanfaatan media pembelajaran berbasis HP/ Android dalam pembelajarannya. Penggunaan ppt, video pembelajaran, tayangan cerita, musikalisasi puisi dan lain-lain sudah lama kita gunakan, Baru-baru ini kita menggunakan aplikasi Edmodo. Edmodo adalah aplikasi yang menciptakan sebuah titik pertemuan online untuk para guru dan siswa, dimana keduanya dapat berkomunikasi. Edmodo mudah digunakan karena bentuknya seperti medsos facebook yang sudah tidak asing bagi siswa. Melalui Edmodo, guru dapat mengirim materi dan tugas-tugas. Siswa dapat menerima materi dan tugas tersebut serta dapat memberi like, koment dan lain -lain layaknya facebook.

Selain Edmodo, guru-guru juga menggunakan aplikasi quizizz dan kahoot untuk mengevaluasi sebuah materi pelajaran.  Quizizz dan kahoot merupakan sebuah aplikasi berbentuk game yang berisi latihan-latihan soal untuk dikerjakan siswa secara online. Siswa dapat langsung masuk ke aplikasi melalui google dan memasukkan kode game yang diberikan oleh guru. Aplikasi ini merangsang siswa untuk lebih bersemangat mengerjakan soal-soal karena dikemas melalui game yang menarik. Dengan aplikasi ini, guru  dapat  mengetahui tingkat kesulitan soal, membahas bersama dengan siswa dan langsung mengetahui perolehan nilai siswa

Selain aplikasi-aplikasi di atas, SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo juga akan menggunakan android untuk mengerjakan soal-soal tes. Semoga dengan penggunaan teknologi ini, siswa dapat lebih bersemangat dalam belajar dan nilai yang diperoleh juga memuaskan.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More