ADD THE SLIDER CODE HERE

Minggu, 26 Februari 2023

SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo Ikuti Diklat Dewan Sugli Daerah Se-Jawa Tengah

 


 

Dewan Sugli sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kepemimpinan pandu HW yang penghela dan penuntun dalam mengelola Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan untuk menjadi kader pemimpin, kader pembaharuan, dan kader pembangunan di masa yang akan datang. Dewan Sugli sebagai badan kelengkapan Kwartir yaitu membantu pengelolaan pandu Hizbul Wathan. 


Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jawa Tengah menyelenggarakan “Pendidikan dan Latihan Dewan Sugli Daerah Se-Jawa Tengah” Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan kepemimpinan Pandu HW Penghela dan Penuntun dalam berbagai segi kehidupan organisasi dan masyarakat sehingga dapat menjadi kader persyarikatan, umat, bangsa, dan kemanusiaan.


SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo yang diwakili oleh Alvin Deni Irvanda (X DKV 1), Anjani Dwi Utami (X DKV 1), Nafisa Afrilia Maulida (X DKV 1), Mega Citra Lestari (X DKV 1) Sabila Khoirotun Najwa (X DKV 2), Sinta Ramadani (X DKV 2), dan Hanif Faturrahman (X TO) mengikuti kegiatan tersebut.  


Pendidikan dan Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jumat-Ahad tanggal 24-26 Februari 2023 mulai dari pukul 07.00 WIB – selesai di Bumi Perkemahan Regaloh. Adapun peserta berjumlah 200 Dewan Sugli dari 35 Kabupaten Kota Se-Jawa Tengah. Tema yang diusung yaitu “Membangun Karakter dan Skill Dewan Sugli Berkemajuan.”


Materi kegiatan mencakup 4 hal yaitu materi dasar, inti, pelengkap, dan khusus TIM Media (IT). Materi dasar diantaranya Upacara Pembukaan/Penutupan, Orientasi Diklat dan Dinamika Kelompok, Stadium General Pandu HW, Dan Forum Terbuka Dan Rencana Tindak Lanjut. Materi inti diantaranya komitmen dan konsistensi bermuhammadiyah, sejarah kepanduan HW,  Managemen Struktur Organisasi Qobilah, Ketrampilan Kepanduan, Seragam, atribut HW, Database materi, jurnalisme kepanduan, dan managemen Dewan Sugli.


Materi Pelengkap terdiri dari Bela Negara, Kebencanaan, Bina Karya Mandiri, Outbound, dan Scout Own. Terakhir materi khusus Tim IT yaitu Smartphone Videography, Smartphone Photography, Jurnalisme Kepanduan, Editing Konten dan Publish serta Database Materi Kepanduan HW.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More