ADD THE SLIDER CODE HERE

Rabu, 09 Maret 2022

PELEPASAN PKL DAN PEMBERIAN APRESIASI UNTUK SISWA BERPRESTASI



Agenda di SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo hari ini (10/3/22) adalah pelepasan siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) kelas XI kepada perusahaan/DUDI dan pemberian reward kepada siswa-siswi yang berhasil menorehkan prestasi dalam bidang tapak suci. 

SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo melepas sebanyak 70 siswa untuk melaksanakan PKL di DU/DI yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimiliki. Pelepasan tersebut dilakukan oleh kepala Sekolah Bapak Weni Sucipto, S.Pd di halaman sekolah didampingi oleh para guru pembimbing.

Pada kesempatan tersebut, kepala sekolah berpesan agar seluruh siswa kelas XI  dapat mengikuti PKL dengan baik, menjaga nama baik sekolah dengan bersikap sopan dan mematuhi aturan DU/DI. Selain itu kepala sekolah juga mengingatkan bahwa PKL merupakan sebuah momentum untuk belajar dan menunjukkan kemampuan atau kinerja terbaik. Banyak anak PKL yang pada akhirnya diminta  DU/DI untuk bekerja di sana karena bekerja dengan sangat baik.



Siswa-siswi yang akan melaksanakan praktik kerja lapangan juga telah diberi pembekalan dari para guru pembimbing berupa ketrampilan dasar, persiapan di tempat magang, dokumen yang harus diisi selama menjalani PKL, bimbingan laporan, beradaptasi dengan DU/DI dan lain sebagainya.

Pada tahun ini, banyak DU/DI yang bekerja sama dengan SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo untuk PKL siswa. Dari kompetensi keahlian multimedia, beberapa perusahaan digital printing terkenal di kota Kudus yang menjadi tempat PKL siswa diantaranya D2, Depot Digital, Frans Digital Printing, VISTA Digital Printing, Bubble Digital Printing dan Valibree Digital Printing. Ditambah lagi Puritama Kayen, El Rahma Karaban, dan Purwa Aksara Purwodadi.

Sementara itu, untuk kompetensi keahlian TBSM siswa akan PKL di Ahass Rantau Indah Boloagung, Ahass Indotama Cengkalsewu, Ahass Muria Motor Jekulo Kudus, dan bengkel-bengkel yang sudah bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo.

Tujuan dari PKL bagi peserta didik adalah untuk melatih dan mengasah keterampilan dalam dunia kerja, mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah sehingga dapat diterapkan dengan baik, membentuk pola pikir yang konstruktif,  melatih siswa untuk berkomunikasi atau berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya, membentuk etos kerja yang baik sehingga kedepannya dapat menjadi  lulusan berkualitas,  menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki sesuai bidang masing-masing.

Selain melepas kelas XI untuk PKL, diumumkan juga siswa –siswi yang beberapa waktu lalu meraih prestasi di bidang tapak suci. Selanjutnya dilakukan penyerahan piala juara kepada sekolah. Kepala Sekolah menerima langsung tiga piala yang telah diperoleh. Sekolah mengapresiasi hasil kerja keras siswa –siswi berprestasi tersebut dengan memberikan reward.


Pemberian reward berupa uang pembinaan diserahkan langsung oleh kepala sekolah kepada 4 siswa yaitu Khusnul Puspita sari (kelas XI kompetensi keahlian multimedia) peraih medali emas kelas E Putri, Muhammad Dida Aditya (kelas XI kompetensi keahlian multimedia) peraih medali emas E Putra, Arisa Agustina (kelas XI kompetensi keahlian multimedia)  peraih medali  perunggu kelas D Putri, dan Putri Regina peserta dari kelas D Putri.

Selanjutnya, siswa PKL diantarkan ke tempat DU/DI masing-masing oleh para pembimbing. Siswa diperkenalkan kepada pimpinan perusahaan dan langsung mulai beradaptasi dengan tempat PKL mereka.

DOKUMENTASI KEGIATAN

Khusnul Puspitasari Kelas XI Multimedia
Juara I Kelas E Putri

Muh. Dida Aditya Kelas X MM
Juara I Kelas E Putra

Arisa Agustina Kelas XI Multimedia
Juara III Kelas D Putri




















0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More