ADD THE SLIDER CODE HERE

Selasa, 21 Desember 2021

Be Creative in Pandemic, Pameran Produk SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo Tahun 2021

Foto: Pembukaan Pemeran Produk SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo Tahun 2021

 

SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo menggelar pameran produk siswa tahun 2021 yang bertajuk “Be Creative in Pandemic”. Pameran ini berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 20-21 Desember 2021. Pameran yang dibuka untuk umum ini berlangsung di gedung baru SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo. Dalam acara pembukaannya dihadiri oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sukolilo, Korbid Muhammadiyah kecamatan Sukolilo, kepala sekolah SD-SMA Muhammadiyah se kecamatan Sukolilo, NA, Lazismu, Ikatan alumni, IPM dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Kepala SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo Bapak Weni Sucipto, S.Pd mengatakan bahwa pameran merupakan salah satu cara nyata untuk memperkenalkan SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo kepada masyarakat luas. Pameran ini juga menjadi ajang unjuk kreativitas siswa untuk menghasilkan suatu produk yang berkualitas dan layak jual.

“Saya mengapresiasi semangat dan kerja keras baik siswa maupun guru pembimbing dalam menyukseskan acara pameran ini. Acara pameran ini akan menjadi agenda tahunan yang ke depannya insya Allah akan dipersiapkan dengan waktu yang lama dan lebih matang lagi.” tambahnya.

Ada banyak stand yang sudah disiapkan untuk bisa dikunjungi oleh para pengunjung. Diantaranya stand literasi berisi buku karya guru dan siswa, pajangan karya –karya siswa berupa puisi, cerpen, feature, esay, surat cinta untuk Indonesia, dan karya lainnya baik yang dilombakan dan menjadi juara maupun yang tidak. Selain karya siswa, juga dipajang piagam penghargaan yang telah diraih dari keikutsertaan lomba dan pelatihan literasi. Di stand literasi juga disediakan pojok baca lengkap dengan meja dan kursi nyaman untuk membaca serta lemari yang berisi buku-buku.

Stand fotografi berisi foto-foto hasil jepretan siswa dengan berbagai objek. Ada juga desain foto yang dilengkapi slogan seperti stop hoax, ajakan mencintai alam, hindari pergaulan bebas, jauhi rokok, semangat meraih cita –cita dan masih banyak lagi. Disediakan photoboot keren di stand ini yang bisa digunakan pengunjung untuk berfoto. Perlu diketahui bahwa fotografi merupakan salah satu satu  pengembangan diri yang ada di SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo.

Stand produk siswa perkelas. Setiap kelas membuat produk yang dibuat dengan bekerja sama. Setiap kelas mempunyai produk unggulan masing masing. Produk yang dihasilkan juga tidak jauh-jauh dari jurusan yang mereka ambil. Sebagai contoh, siswa jurusan teknik dan bisnis sepeda motor membuat produk dari bahan bekas yang tidak jauh dari perbengkelan seperti memanfaatkan besi-besi bekas untuk kerajinan, membuat pot dari semen dan kain bekas, membuat lampion dari pralon dan masih banyak lagi. Anak –anak jurusan multimedia lebih banyak membuat barang –barang seperti kerajinan tas dari bungkus kopi, membuat bunga dari plastik bekas, tempat pensil dari gulungan Koran dan lain-lain.

Stand kuliner berisi snack-snack ringan buatan siswa-siswi SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo yang dikemas dalam kemasan rapi biasanya memang dijual secara offline/online. Untuk memeriahkan pameran dan membuat kenyang pengunjung, siswa-siswi juga menjual aneka makanan dan minuman. Tidak ketinggalan juga disediakan minuman temu lawak gratis untuk para pengunjung

Stand unit produksi menampilkan produk –produk SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo yang selama ini memang sudah dipasarkan. Unit produksi tersebut diantaranya mug, pin, gantungan kunci, dan kaos. Semua barang unit produksi yang dijual diberi diskon sebesar 10%. Pengunjung dapat langsung membeli produk yang dipamerkan atau bisa request desain sendiri dengan tambahan foto dan tulisan. Pemesanan akan langsung dibuatkan saat itu juga.

Dalam pameran, ada juga stand video karya siswa. Stand ini dilengkapi proyektor yang menayangkan film- film pendek karya siswa, perlombaan virtual yang diikuti, video PPDB, dan video lain yang diuploud di youtube sekolah.  SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo mempunyai pengembangan diri video shooting yang dapat diikuti siswa setiap minggunya. Pengembangan diri ini melatih siswa untuk mengambil gambar video dengan benar, membuat sebuah cerita dan mengemasnya ke dalam sebuah film yang menarik.

Stand Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) disediakan untuk calon siswa baru yang ingin mendaftar di SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo. Berisi semua informasi pendaftaran, booklet, formulir dan lain-lain. Di depan stand PPDB terdapat stand sejarah SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo mulai dari visi misi, sejarah berdirinya SMK, kabar alumni, foto angkatan pertahun, grafik siswa pertahun, prestasi yang diperoleh dari tahun ke tahun dan perkembangan SMK lainnya.


Selain itu, ada pula panggung live perform bagi para siswa yang ingin unjuk kebolehan seperti musikalisasi puisi, menyanyi, story telling dan penampilan lainnya. Para pengunjung juga dapat request lagu ataupun menyumbang lagu. Acara pameran yang berlangsung dua hari tersebut berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Total pengunjung di hari pertama sebanyak 235 dan pada hari kedua total 257 pengunjung. Dalam acara pameran ini, yang tidak kalah menarik masyarakat adalah adanya servis sepeda motor gratis. Panitia sampai harus membatasi karena adanya permintaan servis sepeda motor yang begitu tinggi.

Kepala Sekolah berharap pameran ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menjadikan siswa-siswi SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo menjadi semakin terampil serta siap kerja. Kepala Sekolah juga akan melaksanakan evaluasi untuk perbaikan di acara pameran selanjutnya.


DOKUMENTASI KEGIATAN













0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More