ADD THE SLIDER CODE HERE

Senin, 07 Februari 2022

PENGENALAN HW DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH SUKOLILO


Gerakan kepanduan Hizbul Wathan (disingkat HW) adalah organisasi otonom Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak dalam bidang pendidikan kepanduan putra maupun putri, merupakan gerakan Islam dan dakwah amar makruf nahi munkar, berakidah Islam dan bersumberkan Al-Qur'an dan As-Sunnah. 

Tidak hanya bagi siswa saja, pengetahuan tentang HW juga penting untuk diketahui oleh para guru. Pada hari Minggu tanggal 6 Februari 2022, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwartir Daerah kabupaten Pati menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan pembekalan HW untuk guru. Adapun peserta dari kegiatan ini adalah  Kepala Sekolah,  Guru, dan Tenaga Kependidikan  PAUD, TK, SD/MI, SMP, SMA, SMK Muhammadiyah se-Kecamatan Sukolilo. 

Sosialisasi HW ini dilaksanakan di Aula SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo mulai dari pukul 08.00 – selesai. Materi yang disampaikan diantaranya  AL ISLAM dan Kemuhammadiyahan, Kurikulum, Kepemimpinan, Menejerial, Refleksi/feed back, Kerja nyata/kepanduan. 

Ketua Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, Ramanda Sri Widojo mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan gerakan kepanduan hizbul wathan kepada para guru dan tenaga kependidikan di kecamatan Sukolilo. Beliau juga berharap HW di Sukolilo bisa maju dan berkembang.

Lebih lanjut lagi, Ramanda Sri Widojo menjelaskan bahwa selain sosialisasi, strategi untuk mengenalkan HW bisa dilakukan dengan pelatihan –pelatihan HW disertai permainan edukatif  yang nantinya juga bisa diajarkan ke siswa.

Ramanda Taufiq dari bidang diklat GKHW sekaligus pemateri kurikulum HW menambahkan, pendidikan kepanduan HW sebagai pendidikan karakter bagi anak dan remaja dengan tujuan generasi muda yang akan datang betul-betul kuat dari sisi agama, ibadahnya, dan amal salehnya. Gerakan kepanduan HW bersifat menarik, menyenangkan, dan menantang serta bertujuan mencetak kader yang baik bagi persyarikatan dan bangsa. 

Salah satu peserta sosialisasi HW, Ibu Izzatul Ulya, S.Pd (Kepala SD Muhammadiyah Kedung Winong) mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini.  “Alhamdulilah peserta sangat bersemangat dan acara berjalan dengan lancar. Banyak pengalaman yang kita dapatkan. Kita menjadi lebih mengenal HW dan mendapat materi-materi yang bisa kita sampaikan di sekolah masing-masing.”ungkapnya.

Penulis: Club Jurnalistik SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo





0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More