ADD THE SLIDER CODE HERE

Minggu, 27 November 2011

EKSKUL: TAPAK SUCI

Mulai bulan Juli 2011 Kemarin, ada aktivitas baru di perguruan SMA-SMK Muhammadiyah Sukolilo. Banyak anak yang mengenakan seragam beladiri berwarna merah menyala dengan ikat pinggang berwana kuning. Kegiatan apa itu ??? ternyata mulai tahun ini ada ekskul baru di sekolah kita tercinta ini. Apalagi kalau bukan ekskul Tapak Suci. Ekskul ini diwajibkan bagi kelas X tetapi tidak menutup kemungkinan bagi siwa kelas XI dan XII untuk mengikutinya.

Untuk bulan pertama, Tapak suci yang biasa disebut TS oleh anak-anak ini dilaksanakan 2 kali selama seminggu. Hal ini dilakukan untuk memperdalam kemampuan jurus-jurus yang akan dipentaskan pada saat upacara 17 Agustus 1945 di lapangan Sukolilo. Meskipun latihannya terbilang singkat yaitu sekitar 1 bulan, anak-anak TS berusaha menampilkan yang terbaik selama pementasan. Pentas Tapak Suci yang disaksikan oleh siswa dan guru dari sekolah-sekolah se-kecamatan Sukolilo ini menampilkan beberapa jurus dan adegan yang cukup berbahaya. Diantaranya jurus membanting orang. Selain membuat formasi gapura, juga ditampilkan adegan mematahkan kayu dipunggung dan di kaki, memecahkan genting dengan kaki, bermain bola api, memainkan ruyung, dan terakhir pemecahan gentong yang di dalamnya ada tulisan SMA-SMK Muhammadiyah Sukolilo. Pementasan yang hanya berlangsung sekitar 20 menit ini cukup menghibur peserta upacara dan warga masyarakat setempat.

Setelah bulan Agustus, intensitas latihan TS dikurangi. Dari yang tadinya latihan 2 kali dalam seminggu di kurangi menjadi sekali dalam seminggu. Namun hal ini tidak membuat anak-anak kecewa. Mereka tetap mengikuti latihan dengan baik. Ekskul yang dilatih oleh Pak Bambang dan mas Rian ini laksanakan setiap hari Rabu pukul 1400-16.00 wib. Setelah beberapa bulan latihan, pada tanggal 23-24 Oktober 2011 diadakan Ujian Kenaikan Tingkat Tapak Suci yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Pati. Ujian terdiri dari ujian fisik dan tertulis. Materi diantaranya mengenai sejarah tapak suci dan kemuhammadiyahan. Diharapkan untuk ke depannya TS ini bukan hanya sebuah ekskul yang rutin dilaksanakan tetapi juga dapat dijadikan sebagai sebuah keterampilan yang pastinya sangat berguna bagi siswa ketika lulus nanti misalnya dapat menjadi pelatih di sekolah-sekolah. Selain itu semoga ekskul ini juga dapat meraih prestasi-prestasi yang membanggakan nama sekolah. AMIN

Galeri:


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More