ADD THE SLIDER CODE HERE

Senin, 28 November 2011

Persiapan prakerin di tengah Kesibukan menghadapi ujian

Tidak terasa, esok Ulangan Semester Gasal sudah dimulai. Seluruh siswa SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo sibuk mempersiapkan segala sesuatunya diantaranya melengkapi catatan, belajar, menyelesaikan tugas dari para guru, termasuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Semua dilakukan untuk mendapatkan hasil nilai yang maksimal. Tapi ada yang berbeda di tahun ini. Kesibukan bertambah untuk kelas XI. Prakerin yang biasanya dilaksanakan di bulan Juni akhir tahun pelajaran, kini diajukan menjadi bulan Januari. Siswa kelas XI harus pintar membagi waktu antara mempersiapkan Ujian dan prakerin.

Untuk pelaksanaan prakerin sendiri masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Siswa mencari sendiri perusahaan yang akan mereka jadikan tempat prakerin dengan syarat perusahaan tersebut bergerak di bidang multimedia sesuai dengan jurusan di SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo. Pihak sekolah memang sengaja tidak mencarikan tempat magang untuk mereka dengan tujuan agar siswa dapat mandiri. Tempat prakerin yang menjadi sasaran siswa adalah perusahaan yang melayani desain grafis dan pencetakan banner, editing foto, sablon, dan video shooting.

Untuk sementara sebagian besar siswa sudah berhasil mendapatkan tempat magang yang mereka inginkan diantaranya di Bubble Kudus, Percetakan Daerah “Yanafa” Pati, UFO Purwodadi, dan Pura Group kudus. Mekipun ada juga sekelompok siswa yang masih dalam tahap mencari tempat prakerin karena belum mendapatkan sesuai dengan keinginan mereka. Tujuan Prakerin sendiri untuk memberikan pengalaman kerja bagi siswa agar mempunyai bekal untuk siap bekerja sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Dengan adanya prakerin, siswa dapat mengenal orang-orang baru sekaligus dunia baru yakni dunia kerja yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More